Bawaslu Kota Mataram Bahas Pengawasan Partisipatif Pilkada Berbasis Akademik di Upatma

Bawaslu Kota Mataram berkunjung ke Universitas 45 Mataram (Upatma) guna membahas persoalan pengawasan partisipatif berbasis akademik pada pemilihan kepala daerah Walikota dan Wakil Walikota Mataram tahun 2020. Membahas persoalan tersebut, Hasan Basri, S.Pd.I. selaku ketua Bawaslu Kota Mataram didampingi oleh dua anggotannya yakni Dewi Asmawardhani, SH.,MH. Selaku Kordiv HPPS dan Muhammad Yusril, S.AB.,M.AB. selaku Kordiv SDM Organisasi & Data Informasi. (07/07/2020)

Saat menjelaskan maksud kunjungannya, Hasan mengatakan bahwa ada dua poin pembahasan yang ingin disampaikan. Pertama soal pentingnya pengawasan partisipatif berbasis akademik. Kedua, soal pojok pengawasan. 

“Pengawasan partisipatif oleh masyarakat pada umumnya sudah kami lakukan, kini kami ingin bergerak lebih dari yang sebelum-sebelumnya, yakni mengajak kampus ataupun universitas untuk melaksanakan pengawasan partisipatifberbasis akademik. Menurut kami kampus Upatma ini bisa menjadi rekan yang baik.” Jelas Hasan. 

“Kami juga bermaksud akan membuat pojok pengawasan, guna memberikan pelayanan kepada pegawai, dosen, hingga mahasiswa yang ada disekitar kampus, sehingga nanti mereka bisa memahami ilmu seputar kepemiluan, walau mereka bisa ke Bawaslu langsung tapi kami juga menyediakan bahan bacaan di pojok pengawasan tersebut. Seperti pustaka mini lah di Upatma ini.” Tambah Hasan menjelaskan maksud kedatangannya kepada Rektor Upatma. 

Menyambut kunjungan dari Bawaslu Kota Mataram, Rektor Upatma. Dr. Ir. H. Evron Asrial, M.Si. Mengapresiasi rencana dari Bawaslu Kota Mataram. Buya, sapaan akrab Rektor tersebut berharap ada keberlanjutan hubungan antara kampusnya dengan lembaga yang punya slogan Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

“Kami welcome atas rencana dari Bawaslu Kota Mataram, kami juga berharap hubungan Upatma dengan Bawaslu tidak hanya sebatas agenda pengawasan partisipatif berbasis akademik saja.Misalnya Upatma bisa mengirim mahasiswa untuk magang, atau mengembangkan riset ilmiah mengenai Pilkada di Bawaslu Kota Mataram.” Tutur Buya, lelaki yang terkenal dengan jiwa humoris tinggi ini. 

Menanggapi harapan dari Rektor Upatma, Hasan Basri menyambut dengan senang hati. Ia katakan selama ini Bawaslu Kota Mataram, selalu menerima mahasiswa yang magang dari berbagai kampus. 

Dalam waktu dekat, Bawaslu Kota Mataram dan Upatma akan meneken Momerandum Of Understanding (MoU) sebagai tanda kesepahaman dalam menjalankan rencana dan kegiatan yang dimaksud. Pertemuan yang hampir menghabiskan waktu dua jam lebih ini, akhirnya ditutup dengan sesi foto bersama.

Sumber: http://mataram.bawaslu.go.id