UPATMA Buka Program Magang Ke Jepang

85

Dalam upaya meningkatkan mutu mahasiswa dan lulusan, Upatma mengembangkan diri melalui program magang (on the job training) ke Jepang. Untuk mewujudkan program tersebut, Upatma menggandeng Japan ACCES. Berkenaan dengan kerjasama tersebut, Dr. Evron Asrial (Rektor Upatma) telah menandatangani MoU dgn Kazumasa Nakamura (Board Chairman J-ACCES) pada Selasa, 22 Oktober 2019 di kampus Upatma. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Dekan Fakultas Pertanian Upatma ( Zainal Arifin) dan perwakilan J-ACCES (Abdurrahman) di Lombok.
Saat ini akan diberangkatkan 1 orang mahasiswa Fakultas Pertanian untuk magang di perusahaan pengolah kayu (wood processing) yang berlokasi di Okinawa. Magang berikutnya dijadwalkan pada awal 2020. Mahasiswa yang akan mengikuti program magang ke Jepang, terlebih dahulu belajar bahasa Jepang melalui kursus singkat selama 3 bulan di Mataram. Menurut Nakamura, lembaganya akan terus merekrut mahasiswa Fakultas Pertanian, dan akan mengembangkan untuk mahasiswa Fakultas Perikanan Upatma. Menurut Naakmura, mahasiswa akan magang di Jepang selama 1 tahun, dan akan membawa dana (take home) sekitar Rp. 80 juta per mahasiswa.
Semoga kerjasama Upatma dan J-ACCES ini menjadi pintu masuk masyarakat NTB untuk menimba ilmu pertanian dan perikanan di Upatma.