Rektor Universitas 45 Mataram Bicara Sumber Daya Perikanan di Unibos

208

Rektor Universitas 45 Mataram Dr Ir Evron Asrial, menjadi narasumber kuliah tami Fakultas Pertanian (FP) Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Selasa (4/12/2018).

Kuliah tamu FP Unibos dalam rangka memberikan pengetahuan diluar jadwal kuliah melalui dosen-dosen Unibos.

Bertajuk ‘Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Berkelanjutan dan Bertanggung Jawab’, kuliah tamu dihadiri ratusan mahasiswa FP Unibos.

“Mudah-mudahan kehadiran bapak di tempat ini dapat memberikan berkah dalam mengembangkan Unibos dan Budidaya Perairan khususnya. Harapan saya, sua kita kali ini dapat berlanjut dengan MoU supaya baik Universitas Bosowa maupun Universitas 45 Mataram itu sendiri bisa lebih meningkatkan kualitas satu sama lain dengan adanya kerja sama tersebut”, kata Dr Syarifuddin, MP Dekan Fakultas Pertanian saat memberikan sambutan.

Rektor Evron membawakan materi terkait ‘Strategi Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Berkelanjutan dan Bertanggung Jawab (Kasus: Perikanan Kakap-Kerapu).

“Kejadian-kejadian di perairan saat ini yaitu destruction seperti pengeboman dan lainnya sudah sangat semarak terjadi. Hal ini yang perlu dikaji kembali bagi mahasiswa perairan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya dalam bidang pengawasan. Keterlibatan mahasiswa dan pemerintah harus berperan aktif dalam menjaga habitat laut. Sebab hingga saat ini biaya pengawasan untuk perairan masih rendah, ini yang perlu dibantu oleh peran akademisi dan pemerintahan untuk meningkatkan hal tersebut,”kata Evron Asrial.

Evron menambahkan berdasarkan hasil RAP Analysis pengelolaan periode 2016-2017, dimensi pengelolaan teknologi sudah bagus atau sudah berlanjut dengan alat yang ada sekarang.

Sedangkan dimensi yang lain masih bermasalah. Sehingga para lulusan pertanian khususnya perikanan atau budidaya perairan agar kembali mengambil kesempatan dan turut dalam pengembangan pengelolaan teknologi budidaya perairan.

Sumber: Tribun Makassar