Ubur-Ubur: Raksasa Tidur dari Teluk Saleh

63

Pada hari Jumat 21 Juni 2019, dilaksanakan simposium nasional dan internasional kelautan dan perikanan di FIKP Universitas Hasanudin (UNHAS) Makassar yang diikuti oleh lebih dari 50 perguruan tinggi dan lembaga penelitian baik dalam dan luar negeri.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Ir. H. Evron Asrial, M.Si (Rektor Universitas 45 Mataram) memaparkan hasil penelitiannya.

Kawasan Teluk Saleh di Sumbawa dijuluki aquarium laut oleh LIPi. Perairannya memiliki berjenis sumber daya ekonomi, salah satunya adalah ubur2 konsumsi. Masyarakat pesisir Teluk Saleh menyebut dengan istilah gullung. Nilai transaksi hariannya mencapai lebih dari IDR 1 miliar hanya untuk belanja gullung. Belanja lainnya yang cukup bernilai tinggi adalah belanja garam utk mengamankan gullung.

Besarnya nilai transaksi Minabisnis gullung telah mampu menambah jumlah uang beredar di Teluk Saleh yang bermuara pada meningkatnya pendapatan masyarakat pesisir dan nelayan. Pendapatan harian nelayan gullung mencapai lebih dari Rp 150.000,-/hari.

Besarnya jumlah uang beredar dari aktivitas minabisnis gullung semoga menjadi pemicu dan pemacu atensi Pemprov NTB terhadap minabisnis gullung, ungkap Rektor Upatma ini.